18 April 2014 — 03:04

Cara Cek IMEI dan Fungsi di Handphone Anda!

Baru-baru ini tersiar kabar bahwa pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), Kementerian Perdagangan dan BRTI serta penyelenggara komunikasi sepakat akan memblokir IMEI (International Mobile Equpment Identity) ponsel yang ilegal. Hal ini dilakukan untuk menjaga legalitas sebuah produk, khususnya gadget smartphone.

cara cek IMEI

Apa itu IMEI?
Dikutip TeknoFlas dari Tabloid Pulsa, IMEI singkatan dari International Mobile Equipment Identity. Terdiri dari 15 kode digit. IMEI digunakan sebagai nomor identifikasi ponsel Anda. Di dalamnya terdapat informasi mengenai kode negara, kode assembling, kode manufaktur, dan serial number.

Fungsi IMEI
Dengan IMEI kita mudah untuk mengidentifikasi sebuah ponsel terutama jika ingin membeli ponsel bekas karena Anda bisa mengetahui ‘status’ ponsel Anda, dimana dibuat, serta tahun produksinya. IMEI juga bisa mendeteksi apakah ponsel tersebut palsu atau asli. Saat ini banyak sekali ponsel-ponsel kloningan dengan kualitas supercopy atau superking yang banyak beredar secara ilegal.

Cara Cek IMEI
Untuk mengecek no IMEI di handphone Anda bisa melakukan dengan cara

  • Ketik *#06# (Tidak perlu tekan tombol Call/Phone).
  • Setelah anda mengetik *#06# maka akan mucul 15 digit IMEI BlackBerry Anda.

Contoh: 123456.10.123456.7

Nah, Angka ketujuh dan kedelapan IMEI ini adalah 10.

  • Jika angka ketujuh dan kedelapan adalah 10 : Itu berarti ponsel Anda diproduksi di Finlandia dengan kualitas sangat bagus.
  • Jika angka ketujuh dan kedelapan adalah 02 atau 20, maka ponsel tersebut dibuat di Asia dengan kualitas yang Jelek.
  • Jika angka ketujuh dan kedelapan adalah 08 atau 80, maka ponsel tersebut dibuat di Jerman dengan kualitas yang Lumayan.
  • Jika angka ke Tujuh dan Delapan adalah 03, maka ponsel tersebut dibuat di Prancis atau Canada dengan kualitas yang Paling Baik.
  • Jika angka ketujuh dan kedelapan adalah 04, maka ponsel tersebut Limited Edition dibuat khusus di Canada dengan kualitas yang Terbaik di Dunia.
  • Jika Ponsel anda TIDAK termasuk dari salah satu di ataus berarti ponsel anda palsu atau merk kloningan.

Dari informasi diatas sekarang Anda bisa mengetahui apa itu IMEI, fungsi dan kegunaannya. Oleh karena TeknoFlas menyarankan agar mengecek no IMEI dahulu sebelum memutuskan untuk membeli ponsel.

Usaha Tiket Pesawat

Add Your Comment

*





  • Advertise